Mau Beli Laptop Baru, Perhatikan Ini Dulu!

Mau beli laptop baru? Bingung mau beli yang seperti apa. Ada hal kecil namun penting untuk dipertimbangkan. Simak ya!

Tips Membeli Laptop Baru
Tips Membeli Laptop Baru

Biasanya kalau mau beli laptop baru, kita biasanya cari info sama teman-teman atau langsung ke toko laptop, kadang setelah tanya sana sini, akhirnya malah gak jadi beli.

Hehehee….

Padahal sebenarnya sebelum membeli laptop, gak juga terlalu sulit kriteria yang harus dipenuhi. Gak sebegitu penting prosesor, RAM, hardisk sampai besar layar yang harus dipenuhi. Namun ada hal yang wajib dijawab sebelum membeli laptop baru.

Mau dipakai untuk apa???

Jawab dulu deh pertanyaan ini dengan jujur!Soalnya dulu banget ada salah seorang teman yang membeli laptop dengan spesifikasi “dewa” pada zamannya.

Ternyata ujung-ujungnya dipakai untuk ngetik doank!

Yupz, cuman untuk ngetik. Lalu pada saat dia sudah beranjak melakukan hal-hal yang lebih jauh dan expert lagi, eh si lepi sudah KO duluan. Maklumlah karena perjalanan dari basic ke intermediete aja hampir-hampir melalui masa dari pendaftaran SD sampai perpisahan kelulusan (lama banget kan cuyyy??).

Nah, daripada mubazir lebih baik tentukan dulu laptopnya mau dipakai untuk apa. Bincang santai lah dengan teman yang bukan hanya pakar masalah perangkat keras seperti jeroan laptop, tapi juga memahami trend dalam dunia teknologi informasi.

Yaaa… biasanya orangnya kelihatan lah dari cara berbicara dan tindak-tanduknya, misalnya ehmmmm… (gak enak merekomendasikan diri sendiri nih, gimana ya? hehehehe).

Sebagian besar sih, keperluan penggunaan laptop ada pada hal-hal berikut:
Administrasi
Desain
Video Editing
GameCoding/ Programing

4 Hal terbawah, jelas memerlukan spesifikasi yang lebih tinggi daripada hanya sekedar keperluan administrasi.

Setidaknya minimal banget perlu prosesor sekelas Core i5 atau setara dengannya, 8GB RAM, 256 SSD (Perlu tambahan ekternal disk untuk menyimpan project), dan saran saya adalah gunakan layar 15,5″ untuk kenyamanan.

Untuk administrasi? Hmmmm… kalau ini Pentium D pun, Insya Alloh dah nyaman, yang penting waktu kerja jangan banyak buka tab pada browser 😀

Punya Duit Berapa???

Setelah tahu jenis keperluan penggunaan laptop yang seperti apa yang perlu dimiliki, langkah selanjutnya adalah…

TAHU DIRI!

Yupz, sebagai manusia wajarlah terkadang kita ingin memiliki barang yang terbaik. Tapi jangan lupa untuk mengukur kondisi diri supaya tidak menjadi orang yang over expektasi.

Sama lah, jika ingin punya laptop. Mungkin kamu ingin mendalami desain grafis, sehingga terobesesi memiliki laptop dengan spesifikasi tinggi agar nyaman bekerja.

Namun apa daya, keuangan yang kamu miliki tidak dapat menjangkau hal yang diinginkan, jadilah kisah kasih tak sampai. Uhuugggggg…..

Tapi jangan pesimis dulu deh. Kamu bisa memulai dengan hal yang kecil dulu, misalnya saja dalam dunia desain grafis, tak semua permintaan pasar terkait dengan desain yang kompleks yang banyak menggunakan resource pada laptop.

Apalagi zaman sekarang, orang lebih menyukai desain yang simple ataupun flat. Jadi ini adalah peluang yang harus segera dimanfaatkan. Hanya dengan laptop dengan prosesor Pentium D ataupun Celleron maka hal tersebut bisa diwujudkan, tapi yaa itu tadi, bijaklah dalam membuka aplikasi secara bersamaan, terutama browser.

Jadi, gampang kan? hal yang harus dipertimbangkan dalam membeli laptop baru. Gak perlu terlalu puyeng deh dalam memutuskan. Kalau memang keperluan kamu adalah hal-hal yang memerlukan resource yang banyak ditambah kondisi keuangan yang mumpuni. Laptop sekelas gamer seperti ASUS ROG ataupun ALLIENWARE boleh kamu angkut hehhehehe…..

Jadi!!!

Intinya cuman 2 pertanyaan penting yang harus dijawab sebelum memutuskan membeli laptop. Mau dipake untuk apa? Punya duit berapa?

Itu aja kok.

Kalau masih bingung juga, coba tanyakan sama orang yang ada di dekat kamu yang kamu anggap memiliki pengetahuan dalam hal ini.

#HJR#

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *