Belajar di Rumah dengan Google Meet

Google Meet, aplikasi yang semula hanya untuk pengguna berbayar Google, kini tersedia gratis sebagai aplikasi gratis untuk video meeting bisa sebagai solusi bekerja dan belajar online.

Saat belajar di rumah menjadi booming sejak pandemik Covid-19, aplikasi Zoom menjadi media yang diandalkan untuk melakukan tatap muka secara online.

Setelah banyaknya fihak yang meragukan keamanan Zoom yang walaupun sebenarnya adalah kekhawatiran yang berlebih, kini banyak hadir alternatif untuk melakukan video conference, mulai dari yang menawarkan kemudahan, keamanan bahkan sampai penawaran aplikasi gratis.

Walaupun, saya hingga artikel ini dibuat masih menggunakan Zoom karena berbagai kelebihan dibanding aplikasi lain.

Baca juga : Belajar Online, Cukupkan Pakai WhatsApp?

Namun, Google Meet bisa menjadi pilihan karena fitur yang lebih lengkap dibanding produk dari perusahaan sejenis yaitu Hangout. Selain itu, ya faktor utama dalam memilih yaitu “Murah bahkan Gratis” sebagai sarana belajar di rumah.

Bila sebelumnya Google Meet hanya bisa diselenggarakan oleh akun G-Suite yang berbayar kini perusahaan tersebut memberikan kebijakan gratis bagi semua jenis pengguna Google.

Direncanakan launching awal Mei 2020.

Aplikasi yang digadang-gadang memiliki kelebihan ini, awalnya hanya bisa dinikmati oleh pengguna akun bisnis dan pendidikan Google. Direncanakan awal Mei 2020 akan bisa dinikmati oleh semua pengguna akun Google dengan fitur yang lengkap seperti Screen Sharing untuk presentasi, Close Caption untuk menampilkan text hasil percakapan, dan Layout untuk mengatur tampilan sesuai keinginan.

Google Meet

Dimana diketahui setiap orang yang memiliki HP android dapat dipastikan memiliki akun Google (walaupun masih ada yang tak tahu kalau dia memiliki akun Google).

Seperti dirilis oleh blog Google ,secara bertahap, aplikasi premium dari Google ini akan dinikmati oleh pengguna secara bertahap. Jadi kemungkinan tidak semua pengguna akun Google akan langsung menikmati fitur ini pada web meet.google.com namun pada saat artikel ini dibuat pengguna akun Google personal ([email protected]) dapat bergabung pada meeting yang diselenggarakan oleh pengguna G-Suite.

Aplikasi Google Meet diklaim memiliki keamanan yang memenuhi standar yang ditetapkan Google sebagai raksasa internet yang begitu perduli dengan keamanan privasi pengguna.

Dibangun dengan standar keamanan tinggi tersebutlah, Google Meet menjadi andalan Google dalam membendung ekspansi Zoom yang begitu pesat belakangan.

Baca juga : Saat Keamanan Zoom dipertanyakan Pengguna malah meningkat

Berikut adalah standar keamanan yang disiapkan oleh Google untuk aplikasi video conference Meet untuk kenyamanan belajar di rumah.

  • Host memiliki kekuasaan untuk mengatur peserta meeting, seperti menerima peserta baru, mengeluarkannya, atau bahkan menolak calon peserta yang tak dikenal.
  • Hanya peserta yang telah memiliki akun Google yang bisa mendaftar meeting (bandingkan dengan Zoom yang bisa mengizinkan peserta yang tak memiliki akun di Zoom).
  • Berjalan penuh pada browser tanpa plugin dan aplikasi tambahan, sehingga faktor vulnerability (celah keamanan) bisa ditekan.
  • Jaminan tak ada penjualan data pengguna Google Meet oleh Google, lagi-lagi issue yang sering diangkat terjadi pada Zoom (walaupun celah tersebut sudah diperbaiki).
  • Jika diperlukan pengguna dapat bergabung dengan program Google Advance Protection yang digadang-gadang sebagai program terkuat untuk melindungi pengguna dari pembajakan dan pencurian akun.

Bisa menjadi sarana belajar di rumah.

Dengan dijadikannya Google Meet sebagai aplikasi gratis dengan fasilitas yang memungkinkan untuk belajar online, aplikasi ini sangat bisa dimanfaatkan guru dan siswa untuk belajar di rumah.

Kabar gembira bagi guru yang sekolahnya memiliki akun Google Suite, aplikasi ini sebenarnya sudah bisa dinikmati sejak lama. Kurangnya informasi ataupun literasi digital di tingkat pendidikan, membuat hanya sedikit sekolah di Indonesia yang memanfaatkan fitur premium ini secara gratis.

Syukurnya, dengan kebijakan terbaru dari google ini, membuat Google Meet sebagai aplikasi gratis yang bisa dimanfaatkan sebagai media pertemuan online yang sangat bisa digunakan dalam dunia pendidikan.

Walaupun ketersediaan aplikasi ini secara gratis akan direncanakan dibatasi hingga 60 menit saja pada bulan September, jadi inilah kesempatan bagi anda untuk memanfaatkannya.

Jadi tunggu apa lagi, segera bergabung dengan Google Meet untuk menikmati fasilitas premium dari Google dengan mengklik https://meet.google.com .

Dengan hadirnya Google Meet sebagai aplikasi video conference gratis, harusnya kita sudah semakin meminimalkan kesulitan dalam belajar online, bahkan bukan hanya itu beberapa pekerjaan administrasi yang digadang-gadang menjadi hal yang menyita guru bisa menjadi solusi dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai media belajar online.

#HJR#

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *