Bekerja di Rumah? Untuk Kenyamanan Ikuti Tips Ini.

Saat bekerja di rumah, internet menjadi andalan untuk bekerja jarak jauh. Namun tak jarang yang mengeluhkan kualitas internet yang dirasa lambat serta faktor kenyamanan lain yang cukup mempengaruhi mood.

Nyaman Bekerja di Rumah
Bekerja Di Rumah

Sejak wabah corona dengan varian kode Covid-19 mewabah, banyak yang memutuskan untuk bekerja dari rumah saja, baik pemerintahan maupun swasta.

Bekerja dari rumah tentunya memerlukan internet donk. Nah, dari sinilah muncul banyak keluhan terutama soal koneksi jaringan yang dirasa lambat sehingga banyak pekerjaan yang sedikit tertunda.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh menteri kominfo pada laman kompas.com bahwa pengguna internet sejak pandemik corona ini meningkat sekitar 10% dan kebanyakan berasal dari pemukiman. Bergeser jika sebelumnya dari sekolah dan perkantoran. (sumber: https://nasional.kompas.com/read/2020/04/07/18035891/menkominfo-penggunaan-internet-meningkat-hingga-10-persen-paling-banyak-dari)

Data itu menunjukkan bahwa sejak bekerja dan belajar di rumah, pengguna internet tidak sesignifikan dibanding ketika hari raya.

Informasi berbeda datangnya dari Inggris seperti yang dilansir oleh bbc-news yang menyatakan pengguna internet meningkat sampai 30% dan didominasi oleh perangkat seluler (sumber : https://techno.okezone.com/read/2020/04/02/207/2192803/riset-ungkap-penggunaan-internet-meningkat-saat-pandemi-covid-19)

Secara global, penggunaan internet kebanyakan digunakan untuk berbagi berkas/ file sharing, video conference, konten pendidikan berbasis video, remote desktop, email dan chatting.

Kenali Faktor FUP!

Dengan naiknya pengguna internet ini, adalah perkara yang wajar jika kecepatan juga ikut menurun. Apalagi penyedia jasa menerapkan system FUP.

Apa itu FUP?

FUP adalah kependekan dari Fair Usage Policy, merupakan kebijakan dari penyedia jasa internet seperti Indihome, Telkomsel, Indosat dan lain lain yang membatasi kecepatan maksimal yang diterima oleh user saat penggunaan kuota data sampai nilai tertentu.

Dengan kata lain jika penggunaan internet sampai batas maksimal yang ditentukan oleh provider maka kecepatan akan menurun.

Lebih jelasnya baca : https://herman.berau.org/2020/04/kecepatan-internetmu-tak-sesuai-janji.html

Misalnya Indihome, yang menurut data terakhir membatasi penggunaan kuota hingga 450GB pada pelanggan 10Mbps. Kecepatan akan turun ke angka 75% dari total kecepatan maksimal yang biasa diperoleh.

FUP pada Indihome
FUP Pada Indihome

Inilah salah satu faktor penyebab lambatnya internet pada waktu waktu tertentu.

Terus, solusinya gimana?

Untuk permasalahan ini, faktor bijaksana dalam penggunaan internet sangat diperlukan. Kurangi penggunaan internet untuk hal-hal yang kurang prioritas (misalnya nonton video prank ala keluarga halilintar yang useless lah bagi saya).

Kalau mau agak ribet, gunakan pembatasan akses pada perangkat modem atau router yang ada di rumah. Tentunya hal ini perlu pengetahuan dan keterampilan ilmu jaringan komputer. Buat yang tak mau ribet bisa menghubungi teknisi jaringan yang ada di kota kamu.

Mematikan service yang kurang berguna di perangkat bisa jadi solusi.

Terkadang tanpa sadar kita mengaktifkan fitur fitur program yang berjalan di background seperti auto update, auto-sync yang biasanya menguras banyak kuota data.

Hati hati dalam mematikan fitur fitur ini, terkadang ada fitur yang diperlukan agar system di laptop/PC dapat berjalan dengan lancar.

Untuk hal ini juga diperlukan pengetahuan soal ilmu komputer atau silahkan tanya sama pakarnya (semoga lain kali saya bisa menulis artikel tentang ini).

Gunakan Browser yang bisa nge-blok iklan.

Iklan, salah satu hal yang menjengkelkan dalam berbagai media termasuk internet. Hal ini bukan hanya menyita waktu tapi juga menggunakan kuota data yang kita miliki.

Karenanya itu, penting untuk memasang browser yang bisa memblokir iklan. Walaupun sebenarnya hampir semua browser memiliki fitur ini. Namun saya sendiri lebih banyak menggunakan Brave browser yang cenderung memblokir iklan secara progresif.

Perlu diingat, penggunaan browser seperti ini tidak sepenuhnya nyaman. Karena terkadang browser ini salah membaca suatu fitur dari website yang sangat diperlukan sehingga website tersebut tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya dan penggunapun tidak bisa mendapatkan manfaat yang diinginkan.

Ganti Password Wi-Fi!

Untuk rasa nyaman, di saat saat seperti ini terkadang kita perlu untuk “agak sedikit tega”. Saat kebutuhan internet yang mendukung kerja dan belajar, maka di sini kita harus agak sedikit pelit.

Kerjasama antar pengguna internet di dalam rumah.

Dalam waktu sekarang ini, di mana penggunaan internet semakin meningkat. Kebijaksanaan dalam penggunaan internet diperlukan oleh masing masing orang.

Hal mendasar yang membuat internet melambat adalah semakin banyaknya pengguna tanpa dibarengi penambahan kualitas dan infrastrukur oleh penyedia jasa.

Untuk itu, prioritas penggunaan internet haruslah dilaksanakan terutama pada hal-hal yang mendukung pekerjaan maupun pembelajaran.

Kurangi menonton video streaming yang kurang bermanfaat, gunakan aplikasi yang tidak terlalu banyak menggunakan kuota, kurangi bermain game online kalau perlu tinggalkan!

Hendaknya pada saat saat wabah seperti ini kita lebih banyak hanya mengerjakan perkara perkara yang bermanfaat dan mendekatkan diri kita kepada sang pencipta yaitu Allah azza jala wa alaa.

Tips terakhir dan sangat penting!

Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu anda di depan gadget ataupun laptop.

Kita berbaik sangka bahwa wabah ini akan segera berlalu. Manfaatkan waktu untuk mengerjakan sesuatu bersama yang tanpa menggunakan gadget sehingga kebersamaan ketika di rumah akan lebih terasa.

Beberapa orang yang menggunakan internet sebagai media penyampai informasi yang membawa kemaslahatan masyarakat banyak tentu sangat memerlukan kualitas internet yang lebih memadai.

Kita bisa membantu dalam hal kecil, seperti bijaksana dalam penggunaan internet hanya pada hal-hal yang penting saja.

Semoga bermanfaat.

#HJR#

No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *