Antara IT dan Kopi

Kopi terkadang identik dengan anak IT. Maklum teman begadang katanya. Padahal, ngak gitu juga kali.

Herman Jaro
Kopi identik dengan IT kah?

Bagi saya ndak ngefek, minum kopi atau ndak, kalau sudah ngantuk ya tidur aja. Hal yang bisa membuat kita terjaga pada saat malam yang harusnya digunakan istirahat, ya tentunya karena motivasi dan yang paling utama adalah karena izin dari Allah jalaa wa alaa.

Kopi memang punya sifat menenangkan dan juga bersifat deuretic. Sehingga wajar kalau habis minum kopi biasanya bawaannya mau pipis aja. Wajar kadang tidurmu tak nyenyak.

Kalau saya sih, minum kopi antara jam 12 siang s.d 20.00 (8 malam). Alhamdulillah, jika ada keperluan bergadang tak perlu harus minum kopi. Karena yang sebenarnya kita perlukan adalah motivasi.

Motivasi bisa didapatkan terkadang karena tekanan eksternal, misalnya bos di kantor meminta pekerjaan yang baru dikasih jam 9 malam, dan besok pagi sudah harus selesai (hayoo ngaku, sering dapat yang kurang lebih begini kan?).

Bisa juga karena motivasi internal, misalnya karena beras sudah habis, isi kulkas pun tak ada, kalau tak menyelasikan job malam ini bisa kelaparan besok… Contoh loh ya.

Ingat hal ini dalam berkerja pada waktu malam

“Dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamu beristirahat padanya dan (menjadikan) siang terang benderang (supaya kamu mencari karunia Allah). Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mendengar.”

(QS. Yunus:67).

Lalu apa yang harus dilakukan jika harus bekerja malam?

Pada ayat sebelumnya, bukanlah suatu larangan mutlak untuk bekerja di malam hari. Tapi bukanlah perkara yang baik jika bergadang menjadi suatu kebiasaan, apa lagi di siang hari malah tertidur.

Mungkin, kita perlu keheningan malam untuk mendapatkan ide. Tapi ketenangan bisa kita buat sendiri dengan sebelumnya meminta pertolongan kepada Allah jala wa alaa.

Sesekali bergadang tak masalah, namun jangan dijadikan suatu kebiasaan. Cobalah hidup normal, dengan menyelesaikan pekerjaan di siang hari. Jangan terlalu banyak bergaul dengan manusia, karena hal itu adalah salah satu penyebab kerasnya hati… wallahu a’lam.

#HJR#

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *